Daya Pikat Buku

Daya Pikat Buku

Salah satu tanda bahwa buku disebut baik adalah memiliki daya pikat bagi pembaca.

Apa itu daya pikat?

Daya pikat yang dimaksud adalah buku tersebut memiliki desain yang estetis sehingga memenuhi standar kenyamanan.

Itu sebabnya, sebuah naskah akan menjadi buku yang berdaya pikat setelah dikerjakan oleh ahli desain yang mumpuni.

Selain editor, sebuah buku memang harus ditangani oleh mereka yang ahli dalam mendesain sampul buku, tata letak (lay outer) dan ilustrator.

Baca: Editor yang Baik Terhadap Penulis

Buku yang menarik secara desain kover tidak saja cukup manakala isi buku tidak didesain semenarik mungkin oleh mereka yang paham dalam desain tata letak buku.

Itu sebabnya, desainer lepas (freelance) tata letak buku ini bertarif cukup lumayan.

Dibandrol mulai dari Rp5ribuan per halaman A5 dengan spesifikasi naskah dalam bentuk bahasa Indonesia tanpa tabel, kurva, gambar atau juga infografis.

Jika ketebalan naskah Anda sebanyak 150 halaman A5 maka tarif yang Anda harus bayar untuk desain isi buku saja sudah mencapai Rp750.000,-

Belum termasuk desain kover, jasa edit naskah hingga cetak bukunya. Wajar kalau kemudian tarif menerbitkan buku memang relatif berbeda antara satu penerbit dengan penerbit lainnya.

Desainer tata letak ini sering juga disebut sebagai pengatak. Mereka umumnya berasal dari lulusan desain grafis, teknik grafika atau desain komunikasi visual.

Bagi para pengatak yang tidak berasal dari lulusan tersebut biasanya juga berlatih otodidak dengan berkontribusi di dunia penerbitan dalam kurun waktu cukup lama.  

 

Aplikasi Adobe Indesign

Jadi, tak semata bahwa desain tata letak ini sekadar disusun hanya pada aplikasi Ms. Word saja.

Namun, ada aplikasi khusus seperti Adobe Indesign guna membuat tata letak isi naskah buku menjadi ajeg dan kian menarik.

Aplikasi Adobe Indesign ini yang menjadi aplikasi andalan Gerhana Publishing saat mendesain tata letak isi buku.

Tentu saja keandalan aplikasi Adobe Indesign sangatlah berbeda jauh dibanding Ms. Word jika dipakai dalam mengatak buku.

Ada beberapa fitur penting pada Adobde Indesign yang tida ada pada Ms. Word seperti fitur gradien warna, fitur kerapatan spasi, fitur desain halaman, dll.

Begitupun tidak sedikit penulis yang kami temui agak kecewa ketika melihat isi buku didesain secara serampangan.

Mereka tergiur dengan harga murah. Lengkap dengan layanan dan fasilitas desain kover serta tata letak isi buku.

Padahal setelah dilihat dan dibandingkan dengan terbitan buku lain, penulis tersebut kecewa karena sekadar menarik dari sisi kover. Tapi tidak dari sisi desain sisi atau tata letak buku.  

Ya, pembaca sejatinya akan berlama-lama dengan naskah Anda terutama di bagian isi buku.

Oleh sebab itu, kover yang menawan tidak lagi cukup. Melainkan Anda juga harus memastikan bahwa isi buku didesain secara menarik guna mengundang rasa nyaman pembaca.

Setuju?

Itu yang menjadi alasan kenapa Gerhana Publishing selalu menyediakan dumi secara soft file kepada penulis. Tujuannnya, agar penulis dapat melihat secara langsung isi desain buku sebelum buku dicetak.

Bahkan penulis juga dapat memberikan masukan atas desain isi buku yang hendak dicetak itu.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

error: Content is protected !!