HANDLING OBJECTION

(Tips Menangani Penolakan Terkait Harga)

P: Harga cetak di Gerhana Publishing, berapa ya, Kak?

A: Naskahnya tinggal cetak aja atau masih mentah, Kak?

 

P: Naskahnya belum diapa-apain, Kak. Masih diketik Ms. Word aja.

A: O, berarti belum di-edit, lay out dan desain kover ya, Kak?

 

P: Belum, Kak.

A: Kalau gitu kakak ambil paket penerbitan. Ada 3 jenis paket penerbitan.

 

P: Paketnya apa aja, Kak?

A: Ada 3 paket penerbitan. Paket Silver, Gold dan Platinum. Ini fasilitas dan layanannya, Kak (Berikan info Product Knowledge tanpa harga)

 

A: Kira-kira, kakau mau paket yang mana?

P: Saya mau yang paket platinum deh. Banyak dapat buku cetaknya.

 

A: Baik, Kak. Paket Platinum biayanya Rp3.500.000,-

P: Duh, mahal amat, Kak?

 

A: Kalau boleh tau, mahal dibanding apa ya, Kak?

P: Iya. Di penerbit X murah cuma bayar ongkos cetak aja. ISBN dan yang lain-lain gratis.

 

A: Baik, Kak. Sebelum kakak ambil paket platinum ini, boleh saya jelaskan sedikit?

P: Iya, boleh.

 

A:         Menurut kami, mahal dan murah sebenarnya relatif, Kak. Bisa jadi murah di penerbit X karena (mungkin) tidak ada layanan dan fasilitas selayaknya fasilitas yang ada di Gerhana Publishing. Layanan dan fasilitas utama yang ada di Gerhana Publishing yakni Pertama, Gerhana sudah terdaftar sebagai anggota IKAPI daerah Sumut. Penerbit yang tergabung di IKAPI adalah penerbit yang serius berkegiatan dalam hal perbukuan. Karena menjadi anggota ikapi, sebuah penerbit harus melengkapi sejumlah data yang penting layaknya pendiran perusahaan seperti SIUP/TDW, dll. Mungkin kakak bisa cek, apakah penerbit X yang kakak maksud sudah atau belum tergabung menjadi anggota IKAPI.

            Nomor keanggotaan Gerhana Publishing adalah. 031/SUT/2019. Kakak bisa cek di website resmi IKAPI dengan klik ikapi.org

            Kedua, adanya surat perjanjian penerbitan naskah. Gerhana Publishing memberikan surat perjanjian penerbitan naskah dengan tujuan agar ada keterbukaan antara penulis dan penerbit. Sehingga muncul rasa aman dalam proses penerbitan.

            Salah satu isi dari butir surat perjanjian penerbitan naskah tersebut adalah hal cipta dan hak terbit. Dengan demikian jelaslah hak cipta atas naskah buku kakak adalah mutlak milik kakak sebagai penulis.

            Ketiga, layanan yang terpenting adalah editor bersertifikat profesi dari BNSP. Naskah kakak akan ditangani oleh editor profesional yang telah memilii sertifikasi profesi editor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia.

            Editor bersertifikat profesi ini tidak sekadar memperbaiki salah typo bahasa semata melainkan lebih luas dari itu. Setidaknya ada 7 aspek penyuntingan yang akan dilakukan editor terhadap naskah kakak sehingga naskah tersebut layak baca, layak terbit dan layak beli.

            Aspek yang ditangani editor meliputi kejalaan, kebahasaan, legalitas data dan fakta, rincian produksi, hingga memberikan saran dan masukan terhadap pembuatan kover serta tata letak buku kepada tim desainer Gerhana Publishing.  

            Untuk penerbit X tadi, mungkin bisa kakak tanyakan; apakah editornya sudah bersertifikat BNSP atau belum? Jika belum, tentu kakak tidak ingin kan naskah kakak ditangani oleh editor yang bukan ahlinya?

            Keempat, buku kakak ber-ISBN. Gerhana Publishing juga sudah memegang lisensi dari perpusnas RI sehingga buku kakak dapat nomor ISBN dari perpusnas RI.

            Keempat layanan inilah yang menurut kami menjadi pembeda antara Gerhana Publishing dengan penerbit lain. Jika ada yang kurang paham, silakan ditanya, kak.

 

P:         Aku sih senang banget dengar penjelasan kakak ini. Tapi apa tidak bisa kurang ya  biayanya?

A:         Mohon maaf, Kak. Untuk biaya memang tidak bisa kurang. Jika ingin biaya yang lebih ringan, kakak bisa ambil Paket Silver kok. Fasilitas utamanya dari keempat yang saya jelaskan tadi juga sama. Bedanya hanya pada fasilitas pendukung saja.

 

P:         O gitu ya. Paket silver berapa ya, Kak?

A:         Rp1.450.000,- Kak

 

P:         Wah, masih kemahalan juga.

A:         Paket Silver merupakan paket paling ekonomis yang Gerhana Publishing miliki, Kak. Kalau boleh tau, bujet yang kakak miliki berapa ya, Kak?

 

P:         Bujet saya 1juta tapi ingin layanan paket platinum.

A:         Mohon maaf, Kak. Dengan bujet Rp1juta memang tidak bisa paket yang ada.

 

P:         Duh, gimana ya?

A:         Tetap semangat ya, Kak. Saya doakan kakak murah rezeki. Mudah-mudahan lain kesempatan bisa menerbitkan di Gerhana Publishing dengan paket yang kakak inginkan. Kapanpun kakak ada rezeki untuk ambil paket platinum atau silver, silakan klik link ini ya, Kak.

            Paket Silver >. Klik Link: … (masukkkan link affiliate anda)

            Paket Platinum >. Klik Link: … (masukkkan link affiliate anda)

            Atau jika kakak berkenan menjadi tim affiliate untuk nambah penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utama, tanpa stok barang dan tanpa sibuk packing, boleh gabung jadi tim affiliate Gerhana Publishing seperti saya ini.

Jika kakak gabung jadi affiliate, komisinya mencapai Rp240rb/penjualan lho, Kak.

         Caranya, klik link ini ya, Kak

            Link: … (masukkan link affiliate Anda)

P:         Baik, Kak. Terima kasih atas infonya ya. Ntar kalau duitnya dah cukup, saya kabari deh. Heheh.

 

 

Catatan:

  • A: Anda
  • P: Penulis naskah
  • Jika tidak closing atau tak jadi membeli juga tak apa. Tetap semangat dan positif thinking ya.  Yang penting, product knowledge dan informasi lengkap tentang gerhana publishing sudah tersampaikan dengan baik.
  • Jika tidak closing bisa jadi memang tidak target market kita.
error: Content is protected !!