Jasa Ubah KTI Menjadi Buku di Medan

Jasa Ubah KTI Menjadi Buku di Medan

Mungkin banyak yang tidak tau atau kesulitan tatkala hendak mengubah karya tulis ilmiah (KTI) nonbuku seperti skripsi, tesis, disertasi atau laporan hasil penelitian menjadi buku ilmiah populer. Ketidaktauan ini biasanya berangkat dari niat.

Hampir sebagian besar peneliti memang tidak meniatkan dirinya untuk mengubah karya tulis ilmiah menjadi buku. Tentu saja hal ini akan sulit manakala suatu hari naskah KTI tersebut akan diubah ke dalam bentuk buku.

Saat niat sudah terpancang, biasanya akan diikuti dengan persiapan ini dan itu dalam rangka pengubahan KTI nonbuku menjadi buku. Sehingga ketika memang benar-benar ingin diubah, peneliti tidak lagi memulainya dari awal.

 

Apa itu Konversi?

Mengubah KTI nonbuku menjadi buku sering disebut dengan istilah konversi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konversi sendiri diartikan sebagai perubahan dari satu bentuk (rupa, dan sebagainya) ke bentuk (rupa, dan sebagainya) yang lain.

Sederhananya, mengonversi dipadankan juga dengan menyadur. Dengan kata lain, konversi KTI adalah mengubah bentuk bentuk karya tulis ilmiah menjadi bentuk lain.

Semisal skripsi, tesis dan disertasi dikonversi menjadi buku ilmiah populer. Tidak hanya itu, artikel/esai ilmiah dan laporan hasil penelitian juga dapat dikonversi ke dalam buku ilmiah populer.

 

Manfaat Konversi KTI Menjadi Buku 

Mungkin terbersit di benak kita semua, kenapa KTI nonbuku harus diubah atau dikonversi ke dalam bentuk buku?

Jawabannya tentu saja agar hasil penelitian yang termaktub di dalam karya tulis ilmiah tersebut dapat dibaca dan bermanfaat kepada pembaca yang lebih luas. Umumnya KTI nonbuku seperti skripsi, tesis dan disertasi memang ditujukan untuk pembaca sangat terbatas.

Paling tidak, hanya untuk tim penguji saat sidang meja hijau. Setelah itu, disimpan di dalam perpustakaan fakultas selama bertahun-tahun.

Manfaat KTI nonbuku tidak akan dapat dirasakan banyak orang manakala hasil publikasinya hanya disimpan dalam perpustakaan fakultas. Dan menurut saya, ini sangat disayangkan.

Ketika seorang peneliti pertanian melakukan penelitian tentang hama, misalnya. Bukankah hal tersebut akan sangat bermanfaat bila dibaca oleh para petani. Sehingga lahan pertanian petani dapat terhindar dari hama yang merugikan.

Begitu juga ketika seorang guru besar ilmu pendidikan yang meneliti perihal gawai (gadget) dalam kaitannya mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebanyak 25%, dimana mungkin saat ini para guru dan orang tua sangat khawatir bahwa gawai berdampak buruk terhadap hasil belajar siswa.

Nah, ini penelitian yang bermanfaat, bukan? Apa jadinya jika hasil penelitian ini hanya dibaca oleh segelintir akademisi yang ada di kampus lantas hasil penelitian tersebut tersimpan rapi di dalam rak perpustakaan. Sungguh manfaatnya akan sangat terbatas sekali.

Untuk itu, disinilah pentingnya mengubah KTI nonbuku menjadi buku, yang diharapkan manfaat penelitian tersebut dapat dinikmati secara lebih luas oleh pembaca sasaran dengan beragam latar belakang.  

 

Penulisan Ulang

Tampilan atau sistematika KTI yang cenderung kaku memang hanya dapat dibaca oleh segelintir kalangan saja. Utamanya, kalangan akademisi. Karena itu, jika KTI memang ingin diubah ke dalam buku maka bentuknya harus mengikuti anatomi yang ada pada buku.

Beberapa bagian pada KTI biasanya akan diringkas atau digabungkan ketika proses konversi dilakukan. Maka wajar memang teknik yang sering dipakai adalah teknik meringkas dan mengembangkan.

Namun yang paling penting dalam proses konversi ini penulis harus melakukan re-writing (penulisan ulang). Beberapa bagian yang dianggap kaku harus diubah dengan penggunaan bahasa yang lebih populer. Hal ini dilakukan mengingat pembaca sasaran tidak lagi sebatas kaum akademisi semata.

Sehingga beberapa definisi dan rujukan yang ada pada KTI tak lagi tampak dominan. Bahkan judul, sub judul dan sub-sub judul pada KTI pun harus diubah agar terkesan populer dalam format buku.

Untuk mengonversi KTI ini Anda dapat melakukannya secara mandiri lalu kemudian mencari penerbit untuk menerbitkannya.

Begitupun, jika Anda membutuhkan jasa pengubahan KTI (skripsi, tesis, disertasi dan laporan hasil penelitian) menjadi buku ilmiah populer maka Anda dapat menghubungi nomor ponsel atau whatsApp: 0813 7045 2813 guna mendapatkan informasi selengkapnya.

Selain lebih praktis, naskah KTI yang hendak dikonversi dengan menggunakan jasa kami sudah langsung diterbitkan dalam bentuk buku ilmiah populer ber-ISBN, desain kover, tata letak dan langsung cetak dalam tiras eksemplar yang diinginkan.

 

_____________________

Pelajari Prinsip Dasar Konversi KTI Nonbuku Menjadi Buku Ilmiah Populer DISINI 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!