Mahal dan Murahnya Harga Cetak Buku Tergantung Ini

Mahal dan Murahnya Harga Cetak Buku Tergantung Ini

Sudah sering kita ketahui bahwa dalam dunia percetakan semakin banyak jumlah yang dicetak tentu biayanya semakin murah.

Untuk biaya cetak 100 eksemplar akan berbeda jauh dengan harga cetak 500 eksemplar.

Namun terlepas dari itu, mahal tidaknya harga cetak buku juga dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantaranya adalah sebagai berikut:

 

Jenis Kertas Isi

Jenis kertas yang kini biasa dipakai dalam percetakan buku adalah jenis kertas bookpaper.

Warnanya agak kekuningan, bertekstur sedikit kasar cenderung halus, ringan dan tipis. Kertas jenis ini memang membuat mata jauh lebih sehat. Karena nyaman bila dibaca dalam intensitas waktu yang lama.

Kertas bookpaper memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Semakin tebal kertas yang dipakai juga semakin mahal.

Ketebalan jenis kertas yang sering dipakai biasanya ukuran 55 gsm. Selain itu, tersedia juga ketebalan dengan ukuran 70 dan 90 gsm.

Selain nyaman di mata, jenis kertas ini juga memiliki kelemahan yakni tidak tahan dengan tempat yang lembab.

Buku dengan cetakan kertas isi bookpaper sebaiknya tidak simpan pada ruangan yang lembab. Karena akan menimbulkan bercak-bercak kekuningan.

Secara berat, kertas ini jauh lebih ringan daripada jenis kertas HVS. Namun secara harga, kertas bookpaper memang sedikit lebih mahal dibanding jenis kertas HVS.

 

Jenis Kertas Sampul

Kertas Art paper atau ivory merupakan jenis kertas yang termasuk sering dipakai pada sampul buku. Jenis kertas ini juga memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Gerhana Publishing sering menggunakan jenis kertas ivory atau artpaper dengan ketebalan 150 gsm. Agar terkesan elegan biasanya kami menambahi laminasi glossy atau dov.

Tipe sampul sendiri terbagi dua yakni soft cover dan hard cover. Untuk hard cover ini serupa sampul pada Alquran atau skripsi. Tebal dan kaku.  

Jika Anda memilih tipe sampul hard cover tentu saja biaya cetak buku juga akan lebih mahal dibanding dengan tipe soft cover.

Tambahan layanan lain pada sampul adalah emboss. Dimana beberapa bagian, seperti tulisan pada sampul, dibuat timbul. Layanan emboss ini juga membuat harga cetak buku Anda nantinya juga semakin mahal.

 

Ketebalan Buku

Buku yang hendak Anda cetak sebaiknya buku yang telah di-lay out. Jika belum di-lay out tentu harga buku tidak akan bisa dikeluarkan oleh percetakan manakala Anda ingin mencetak dengan ukuran tertentu seperti A5.

Naskah Anda masih dalam kertas A4 sementara Anda ingin mencetaknya ke dalam ukuran A5. Tentu saja ketebalan naskah di dalam kertas A4 akan berubah menjadi lebih banyak ketika ditata letak menjadi ukuran A5.

Baca: Mengapa Dummi itu Penting?

Misal, ketebalan naskah pada A4 yakni 100 halaman. Akan berubah menjadi 130-140 halaman A5. Nah, ketebalan 140 halaman A5 inilah yang akan jadi patokan pihak percetakan untuk kemudian mengeluarkan harga cetak terhadap buku Anda.  

Intinya tetap sama. Semakin tebal halaman buku Anda tentu saja harga cetaknya pun semakin mahal.

 

Ukuran Buku

Ada beberapa ukuran buku yang perlu Anda ketahui. Diantaranya ukuran A5 (14,8x21cm), B5 (17,6×25), A4 (21×29,7).

Ukuran A5 merupakan ukuran yang paling sering dipakai. Sementara ukuran B5 merupakan ukuran yang paling kerap dipakai pada buku teks seperti buku ajar.

Untuk novel, yang lazim dipakai adalah ukuran 13×19. Ukuran ini lebih kecil dari A5.

Harga cetak buku untuk ukuran A5 tentu lebih murah dibanding dengan ukuran B5 dan A4.

 

Pewarnaan

Jika isi buku yang Anda cetak full color tentu harga cetak juga semakin Mahal. Harga cetak isi dengan pewarnaan hitam/putih (B/W) secara keseluruhan dipastikan lebih murah ketimbang cetak isi dengan pewarnaan berwarna pada halaman-halaman tertentu.

 

Layanan Lain

Layanan lain yang juga membuat harga cetak buku berbeda adalah wrapping dan pembatas buku.

Wrapping atau bungkus plastik buku membuat buku terkesan elegan. Plastik pembungkus buku hampir sama dengan plastik pembungkus buah pada keranjang antaran seserahan. Hanya saja ketebalannya lebih tipis.

Mesin yang digunakan untuk wrapping juga berbeda dengan mesin yang dipakai untuk melakukan wrapping tas atau kardus. Hingga tulisan ini dibuat, di Sumatra Utara khususnya Kota Medan, belum kami temui sistem wrapping plastik yang standar sesuai dengan terbitan buku-buku penerbit mayor.

Baca: Editor yang Baik Terhadap Penulis

Sementara untuk layanan pembatas buku, memang ada percetakan yang memberikan layanan gratis sebagai bagian dari layanan promosi. Tapi ada juga yang memberikan dengan harga khusus.

Meski sebenarnya, menurut hemat kami, pembatas buku sendiri juga tidak terlalu urgen untuk dicetak. Sehingga ketika Anda ingin mencetak buku dengan harga terjangkau sebaiknya tidak perlu pembatas buku turut dicetak.

Percetakan bookpaper dengan kualitas terbaik memang masih ada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Solo.

Menurut penelusuran kami, harga cetak pun relatif lebih murah. Kami sendiri pernah membandingkan harga cetak di Medan dengan keempat kota tersebut. Secara harga, tentu saja jauh lebih hemat.

Demikianlah beberapa hal yang membuat harga cetak buku Anda menjadi mahal atau murah.

Kalau begitu, ingin kami bantu mencetak buku Anda dengan kualitas sebaik terbitan buku dari penerbit mayor? Silakan hubung kami DISINI.   

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!